Tutorial belajar
java menggunakan Neatbeans

Nama : FAIZ HARIYANTO
Kelas : IF17E
Nim : 17416255201065
Dosen : Deden Wahidin M.Kom
Fakultas teknologi dan ilmu komputer
universitas buana perjuangan karawang
tahun ajaran 2018/2019
Assalamualaikum Wr.Wb.
Hai ,sobat terima kasih sudah mampir di
Blog pribadi saya,kali ini saya akan memberikan postingan tentang tugas mata
kuliah PEMROGAMAN BERORIENTASI OBYEK , Tentang
“ Tutorial Pemrogaman Java Menggunakan Neatbens “. Sebelum kesitu saya akan
menjelskan pengertian java terlebih
dahulu ,Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di
berbagai komputer termasuk telepon
genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di
Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995.
Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun
dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin
aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke
dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java
(JVM). Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik
(general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi
implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan
aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda,
java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana
pun". Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer
digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis
perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi. (sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Java)
Bahasa Java disini mempunyai kelebihan
guys. Kelebihan yang paling terkenal dari java adalah berorientasi objek
(Inggris: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma
pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam
paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan
logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses
data, dan mengirim pesan ke objek lainnya, (sumber : https://id.wikipedia.org/).
Untuk lebih jelas nya mari kita install dahulu compiler java nya guys.
Software compiler java yang digunakan disini adalah dengan menggunakan Netbeans. Netbeans merupakan compiler java yang menurut saya itu sangat memadai. Selain merupakan software gratis netbeans juga bisa langsung membuat aplikasi berbasis grafik (GUI). Jadi aplikasi kita bisa ada tombol, layar, tabel dan seterusnya. Hal yang harus dilakukan untuk memulai pemrograman java adalah :
1. Download terlebih dahulu jdk yaitu semacam perangkat lunak untuk kompilasi kode java disini
1.1 Windows 32 bit
pilih JDK yang ditandai dengan kotak berwarna hijau
1.2 Windows 64 bit
pilih JDK yang ditandai dengan kotak berwarna orange

1.3 Install JDK




2. Download terlebih dahulu Netbeans

3. Install Netbeans. Berikut
langkah-langkahnya

4.1 Buka Netbeans

4.2 Pilih File - New Project.. –
4.3 Pilih Java - Java Application
NetBeans memiliki area utama dalam tiga bagian, yaitu bagian kiri, tengah,
dan kanan.
Bagian Kiri : Area Projects, Navigator, dan Files
Bagian Kiri : Area Projects, Navigator, dan Files

2. Bagian Tengah : Bagian tengah merupakan bagian perancangan Jframe
Bagian perancangan ini terdiri
dari dua tab, yaitu Source dan Design.
Source adalah bagian pengisin
kode program, sedangkan Design adalah
bagian pengaturan tata letak
komponen pada form.

3. Bagian Kanan : Bagian Palette dan Properties. Palette berisi komponen/objek yang akan
diletakan pada Jframe, sedangkan
Properties berisi tempat pengesetan nilai untuk setiap obyek.

Oke langsung aja kita akan memulai contoh project :
Pada sesi ini kita akan membuat project pertama yang terdiri
dari atas 1 Jframe, dengan 3 objek (Jlabel, JTextField, dan Button). Ketiganya
merupakan objek yang hampir selalu ada dalam aplikasi desktop. Aplikasi
dirancang untu k menampilkan pesan “Selamat Belajar Java”. Pesan tersebut
ditampilkan di JtextField setelah tombol Jbutton ditekan.
1. Klik File - New Project
2. Tekan tombol Next. Isi Project Name : ProjPertama. Arahkan file penyimpanan dengan menekan
tombol Browse disamping Project Location. Silahkan arahkan pada direktoridan folder yang dituju. Memulai Contoh Project Tekan tombol Finish sehingga project baru tercipta. Tampak ProjPertama di bagian kiri pada bagian project.
3. Klik kanan ProjPertama, kemudian pilih New > Jframe Form
Muncul tampilan jendela baru Name and Location. Isikan pada
Class Name : TampilanSelamat. Isian Class Name tidak boleh berspasi atau diawali
dengan angka >> pilih package
4. Klik tombol Finish. Muncul tampilan desain form (Jframe). Ada dua tab : Source dan Design. Source untuk menampilkan kode program (coding), sedangkan Design menampilkan desain form
(tata letak komponen / objek dalam form).

5. Pada Palette (disebelah kanan) bagian Swing Controls, pilih Jlabel, kemudian letakan pada Jframe(form).
6. Ubahlah tulisan pada Jlabel dengan cara Klik kanan Jlabel > Edit Text. Ganti tulisannya menjadi Tampilan Pesan Memulai Contoh Project

7. Pilih JTextField pada Palette > Swing Controls dan Letakan Pada Jframe

8. Ubah variable name pada JTextField menjadi txt_pesan
dengan cara klik kanan TextField, kemudian pilih Change Variable Name


9. Kosongkan text pada JTextField, kemudian atur posisi
sesuai keinginan kalian
10. Letakan Jbutton ke dalam Jframe

11. Ubah tulisan Jbutton menjadi Tampilkan Pesan



12. Buatlah event pada Jbutton dengan cara klik kanan
JButton > Event > A
ction > actionPerformed


maka tampilan kode akan seperti ini :

13. Isikan kode lain dengan kata seperti in :

14. Jalankan program dengan perintah shift + F6. atau Form juga bisa dijalankan dengan menu Run > Run File ..

Pada colom pesan ,akan muncul “ selamat belajar “ setelah anda mengklik Tampilkan Pesan.
Oke cukup sekian bahasan saya mengenai tutorial pemrogaman
java menggunakan Neatbens,semoga sedikit artikel ini dapat membantu kita
semua..
Terima Kasih.
Wassalamualaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar